Petani Kentang Tanah Karo Akui Keungggulan Nutrisi Tanaman

Kabupaten Tanah Karo, Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu daerah sentra penghasil kentang di Sumatera. Komoditi kentang banya ditanami di daerah ini  karena produksi yang tinggi di bawah kondisi iklim daerah tersebut. Hasil produksi kentang Tanah Karo sudah dipasarkan di dalam negeri sampai ke luar negeri yaitu Malaysia dan Singapura (karokab.go.id).

Pak Alektra, seorang petani kentang di Kabupaten Tanah Karo bercerita pengalamannya sejak menggunakan paket nutrisi tanaman DGW pada acara Farmers Field Day yang diadakan PT DGW di areal lahan kentang miliknya di Desa Ujung Bandar, Barus Jahe. Beliau bercerita sejak menggunakan nutrisi tanaman DGW dimana produk pertama yang digunakan adalah LEILI 2000 dan ROOTMOST. Kedua produk ini digunakan ketika kentang mulai tumbuh dan keluar tunas (masa vegetatif). Hasil yang didapatkan setelah menggunakan produk tersebut tunas jadi lebih sehat dan akarnya kuat. Ketika memasuki umur 60 hari (masa generatif) nutrisi yang digunakan adalah ASTONISH. ASTONISH digunakan beliau dengan tujuan untuk membesarkan umbi dan menambah bobot umbi kentang tersebut. Beliau menambahkan hasil panen dari kentang yang menggunakan ASTONISH merupakan kentang super karena ukurannya umbinya yang besar dan berat. Kentang super ini akan dapat nilai jual lebih dikarenakan masuk komditas ekspor.

Pak Alektra bercerita mengenai pengalamannya menggunakan Paket Nutrisi DGW di acara FFD Tanah Karo

Farmers Field Day merupakan kegiatan lapangan rutin yang diadakan dan difasilitasi oleh PT DGW sebagai bentuk pendampingan petani. Kegiatan lapangan ini merupakan kegiatan mengumpulkan petani di suatu lahan dengan tujuan berbagi pengalaman dan transfer teknologi antar petani dan dari ahli-ahli terkait. Acara FFD ini dihadiri oleh lebih dari 50 petani yang datang dari berbagai daerah di tanah Karo. Hadir pula di acara tersebut perangkat desa, tetua adat, dan petugas penyuluh lapangan (PPL) dari beberapa desa sekitar. PPL yang hadir sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dapat memberikan ilmu tambahan kepada petani sehingga petani dapat melakukan praktek budidaya yang lebih baik kedepannya.

Pak Cristian menjelaskan ke petani mengenai produk nutrisi tanaman DGW

PT DGW yang diwakili oleh Pak Cristian sebagai sales supervisor wilayah Tanah Karo dan sekitarnya menjelaskan secara lengkap mengenai fungsi dan cara penggunaan paket nutrisi tanaman tersebut. Beliau menyampaikan PT DGW mempunyai paket nutrisi lengkap untuk tanaman kentang mulai dari sebelum tanam sampai menjelang panen. Di samping itu PT DGW juga siap untuk mendampingi petani pengguna produk DGW dalam berbudidaya kentang ataupun tanaman-tanaman yang lain. Dengan adanya 3 orang petugas lapangan di Kabupaten Tanah Karo diharapkan pendampingan yang dilakukan ke petani menjadi maksimal.

Berikut cara aplikasi paket lengkap nutrisi tanaman untuk tanaman kentang:

  • ROOTMOST dan LEILI 2000
    • Fungsi: memacu pertumbuhan akar dan tunas serta menjaga tanaman tetap sehat.
    • Waktu aplikasi pada tanaman kentang umur 7, 14, 21, dan 30 hari (vegetatif).
    • Konsentrasi ROOTMOST 1 ml/L dan LEILI 2000 2 ml/L
Rootmost
Leili 2000
  • ASTONISH
    • Fungsi: memjadikan umbi lebih besar dan berbobot.
    • Waktu aplikasi pada tanaman kentang umur 60, 65, 70, 75 hari (generatif)
    • Konsentrasi 2 ml/L
Astonish

Sebelum acara FFD usai, Pak Alektra menyampaikan harapannya sebagai petani kentang di Tanah Karo. Beliau menginginkan petani-petani kentang di Tanah Karo ini lebih maju ke depan dan dapat bersaing dari segi hasil dan teknologi dengan petani kentang di daerah lain.

Baca Juga : Nutrisi Tanaman Siap Tingkatkan Hasil Panen

Demikian Petani Kentang Tanah Karo Akui Keungggulan Nutrisi Tanaman.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk seluruh Sobat Tani dimanapun berada.

Salam DGW (Sukses Bersama Petani)

error: Content is Protected!!